What is Tabita?

What is Tabita?
Desidamayanti skincare Indonesia

Daun Insulin Smallanthus sonchifolius

Diposkan oleh Rhino H. Pranapati | 8/08/2015 | , , ,

Daun Insulin yang memiliki nama latin Smallanthus sonchifolius atau sinonim nya: Polymnia edulis, P. sonchifolia.  dikenal juga dengan nama daun yakon.


Adalah tanaman tahunan tradisional yang tumbuh di Andes utara dan tengah dari Kolumbia ke Argentina utara. Secara tradisional, akar yacon ditanam oleh petani di midelevations di lereng timur Andes turun menuju Amazon.

Walaupun bukan tanaman asli Indonesia namun tanaman ini sudah banyak di budidayakan di Indonesia. Kesamaan Iklim membuat tanaman yakon ini tumbuh subur di Indonesia.

ciri - ciri tanamannya memiliki sedikit manis, resin, dan bunga (mirip dengan violet), mungkin karena adanya inulin, yang menghasilkan rasa manis dari akar dari Elecampane, juga. rimpang berkembang hanya di bawah permukaan tanah dan terus menghasilkan tunas antena. 

Umbi mengandung fructooligosaccharide, suatu polisakarida dicerna terdiri dari fruktosa. Fructooligosaccharides memiliki rasa manis dan memiliki efek prebiotik. Tanaman Yacon dapat tumbuh lebih dari 2 m tinggi dan menghasilkan bunga kuning mencolok pada akhir musim tanam.


 Penelitian Daun Insulin
Menurut pakar penelitian tanaman yakon, Michael Hermann dari Research Project leader of the Andean roots and tubers, mengungkapkan Yakon kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat. Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Yakon kaya dengan insulin dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat di fermentasi oleh usus besar.

Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah. maka dari itu yakon digunakan untuk penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya.


Manfaat Daun Insulin Untuk Kesehatan Anda
Memiliki efek Prebiotik
Daun Insulin memiliki kandungan Fructooligosaccharides yaitu suatu fruktosa yang baik untuk bakteri baik yang ada di usus kita. jadi dengan konsumsi daun ini dapat menjaga kesehatan pencernaan kita.

Anti Bakteri atau Anti Mikroba
Konsumsi daun insulin dapat mencegah perkembangan bakteri dan kuman berbahaya dalam kandung kemih dan ginjal kita.

Mengatasi Gula Darah yang Tinggi
Sesuai nama nya Daun Insulin memiliki kandungan zat aktif yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam darah. daun yakon juga memiliki kadar kalori yang rendah. Telah digunakan oleh banyak masyarakt indonesia untuk mengontrol kadar gula darah dan mengurangi serangan hiper glikemik.

Sebagai Antioksidan Alami
Daun ini dapat menjadi antioksidan untuk tubuh. Dalam daun insulin terkandung senyawa yang mampu menjadi antioksidan. Mengonsumsi daun insulin secara teratur dapat menjaga kesehatan dan stamina tubuh Anda.

Mengurangi Radang Tenggorokan
kandungan antioksidan alami dapat membantu Anda mengurangi radang tenggorokan.

Meningkatkan kesehatan Organ Hati
Seperti temulawak daun insulin dapat berfungsi sebagai penguat vitalitas organ hati. konsumsi daun ini dapat mencegah penyakit hati. Tapi bukan obat patah hati yaa Gan...

Cara membuat ramuan daun insulin
Merebus Daun Insulin Segar / Kering
Anda Dapat mendapatkan manfaat daun insulin langsung dari daun nya


  • Siapkan 15 lembar daun insulin baik yang sudah kering maupun yang masih basah,
  • Cuci bersih daun insulin tersebut kemudian direbus dengan air sebanyak 5 gelas ( 1 gelas sekitar 200 ml ),
  • Biarkan sampai air rebusan tersebut tersisa 3 gelas lalu angkat dan saring. Minumlah ramuan daun insulin tersebut 2 atau 3 kali sehari secara teratur. 

sumber : http://dauninsulinherbal.blogspot.com

Related Post