What is Tabita?

What is Tabita?
Desidamayanti skincare Indonesia

Resep Obat Alami Untuk Penyakit Asam Urat

Diposkan oleh Rhino H. Pranapati | 1/10/2016 | , , , , , , ,


dr. Rusmina Azzahra Solusi Kesehatan,-  Menjelaskan bahwa  obat alami untuk asam urat selain dengan menggunakan obat herbal yang dijual ditoko-toko obat tradisional, kita juga bisa meringankan asam urat melalui beberapa jenis rempah dan buah-buahan segar.

Karena asam urat adalah jenis peradangan akibat akumulasi asam urat dalam darah yang kemudian menumpuk pada persendian sehingga persendian kita meradang dan sangat menyakitkan maka kita perlu berupaya untuk mengeluarkan kelebihan asam urat tersebut dan melawan peradangan yang telah timbul.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat mencegah dan mengobati asam urat.

1. Buah Nanas

Buah nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang bersifat anti inflamasi (anti peradangan). Penelitian telah menemukan bahwa suplementasi dengan bromelain dapat meringankan rasa sakit pada sendi yang terkait dengan asam urat.

2. Tanaman jahe

Jahe merupakan rempah yang paling kuat dalam melawan peradangan yang terjadi dalam tubuh kita.
Sebuah studi telah mengungkapkan bahwa dengan sering mengkonsumsi hidangan atau minuman yang berbahan jahe telah terbukti bisa mengatasi penumpukan asam urat dalam tubuh.

3. Kunyit

Selain jahe, kunyit merupakan tanaman rempah yang telah lama dikenal sebagai anti peradangan. Beberapa ahli merekomendasikan dosis harian kunyit untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan gangguan asam urat.

4. Jus ceri

Jus ceri telah digunakan untuk meringankan gejala asam urat oleh beberapa penderita asam urat, meskipun para ilmuwan tidak yakin mekanisme aktif apa dalam jus ceri ini sehingga bisa meredakan gejala asam urat.

Jus ceri tidak muncul untuk menurunkan kadar asam urat secara langsung tetapi penelitian menunjukkan bahwa sifat antiinflamasi yang mungkin memainkan peran dalam mengurangi 25 % serangan asam urat.

5. Paprika pedas

Paprika kaya akan vitamin C yang telah terbukti mengurangi kadar asam urat. Vitamin C memainkan peran penting dalam memperkuat sistem imun tubuh serta berkontribusi dalam melawan peradangan tubuh.

6. Selada air

Selada air mengandung kadar vitamin dan mineral alami dan terkenal sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal sehingga dalam keterkaitannya dengan asam urat dalam darah, membantu untuk membersihkan tubuh dari kelebihan asam urat.

7. Buah Jeruk

Seperti halnya dengan paprika pedas, buah jeruk juga termasuk dalam kelompok buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Mengenai hubungan Vitamin C dengan gangguan asam urat, beberapa penelitian telah menemukan bahwa semakin tinggi asupan vitamin C seseorang, maka semakin rendah pula kerentanan orang tersebut akan gangguan asam urat.

Jadi dalam mencegah ataupun mengobati penyakit asam urat, selain dengan mengkonsumsi obat herbal yang berupa jamu dan sebagainya, mungkin tak ada salahnya pula jika anda mencoba beberapa jenis buah diatas, siapa tahu saja cocok untuk meredakan asam urat anda.

Sumber: http://www.konsultasikedokteran.com/post/read/1633/obat-alami-untuk-penyakit-asam-urat.html

Related Post