Penyakit Turun Berok atau Hernia

Turun berok atau bahasa kedokterannya disebut dengan hernia merupakan suatu penyakit yang sangat membahayakan bila tidak kita atasi sejak dini karena bisa mengakibatkan sulit berjalan dan jika sudah parah solusinya harus dengan cara operasi . Hernia atau turun berok banyak diderita oleh kaum pria, namun adapula wanita yang menderitanya.  Penyakit hernia ini tidak memandang usia bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi ,anak anak ,orang dewasa ,sampai usia lanjut pun bisa terkena penyakit ini

Usus melorot lewat lubang locus minoris. Jika ada tekanan besar maka usus bisa keluar melalui lubang tersebut. Bila terus dibiarkan bisa menimbulkan bahaya karena usus yang melorot ini akan terperangkap atau terjepit hingga mati dan memberikan masalah yang besar.

Ciri-ciri Hernia
Setiap kegiatan yang meningkatkan tekanan di dalam perut bisa memperburuk kondisi hernia. Ciri-ciri yang timbul dari hernia ini bermacam-macam tergantung dari kondisinya, berikut ini ciri-cirinya: Timbul nyeri di daerah perut bagian bawah, rasa sakit atau nyeri ini akan sangat terasa ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, mengejan atau mengangkat beban yang berat, muncul benjolan di daerah selangkangan atau daerah perut, benjolan ini akan meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perut meningkatPada beberapa kasus timbul tonjolan tanpa disertai dengan rasa sakit yang jika terus dibiarkan bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum. 

Terkadang muncul rasa sakit yang disertai dengan demamJika usus sudah terjebak atau terjepit dalam jangka waktu lama bisa mengalami kerusakan yang ditandai dengan mual dan muntah, timbul nyeri yang selalu hadir diikuti dengan gejala gangguan pencernaan
Jika tonjolan turun beroknya masih kecil maka ada kemungkinan bisa pulih sendiri, usahakan untuk tidak terlalu banyak melakukan kegiatan yang membuat tubuh mengedan misalnya mengangkat beban terlalu berat.

Jenis-Jenis Hernia (Turun Berok)
1. hernia reponibilis, yakni hernia yang masih dapat keluar masuk isi hernia keluar jika berdiri atau mengejan dan masuklagi jika berbaring atau didorong masuk.
2. irreponibililis yakni hernia yang tidak dapat keluar masuk lagi atau isi kantung hernia tidak bisa dikembalikan lagi ke tempat semula.
Berdasarkan terjadinya Hernia (Turun Berok)
1. hernia kongenital (bawaan lahir) misalnya hernia umbilicalis, yakni hernia pada pusar yang menonjol ketika bayi menangis, mengejan, batuk dan aktifitas lain yang menyebabkan tekanan rongga perut meningkat.
2. hernia yang timbul karena dipicu berbagai faktor

Pengobatan  Turun Berok (Hernia)

Untuk pengobatan  cobalah ramuan resep ini :
1.Satu butir telur ayam kampung.
2.Tiga sendok makan madu asli.
3.Tiga sendok makan minyak samin.
4.Air putih secukupnya.

Cara Meramu :
Tuangkan ke dalam gelas telur, madu dan minyak samin lalu tambahkan sedikit air, setelah itu aduk sampai tercampur rata. Kemudian minum diwaktu pagi hari, hasilnya akan anda rasakan pada perut yang terasa sakit. Dan bila dilakukan berulang-ulang akan cepat sembuh penyakit hernia ( poros ) yang Anda derita. Cobalah resep ini Insya Allah Anda sembuh seperti sedia kala.

Pencegahan Dini Turun Berok (Hernia)

Sebelum terkena turun berok  ada baiknya kita atasi sejak dini saja apabila ada gejalanya sebelum menjadi parah. Ada beberapa tips baik dari pengalaman pribadi dan juga info dari teman-teman mengenai mengatasi turun berok sejak dini.

Caranya :
  • Makan yang teratur, dan perbanyak makan buah dan sayuran , Minum  jus buah manggis keseluruhan bagian buah  dan kulit manggis ( garcinia mangostana) dan beberapa tumbuhan berkhasiat obat antara lain  Bunga roselle,   Apel,  Anggur, Sirsak dan daun sirsak.
  • Kurangi merokok dan Perbanyak minum air putih
Apabila sudah ada gejalanya seperti sakit dibawah pusar coba tahapan berikut :
  • Urut atau pijat tradisional yang berpengalaman mengatasi turun berok
  • Kurangi angkat yang berat-berat tapi seandainya memang sudah kerjaan, ketika mengangkat barang usahakan lutut ikut ditekuk dan kita angkat dari bawah ( seperti lifter atau atlit angkat besi ).
  • Biasakan memakai cangcut atau segitiga pengaman atau sempaque.
  • Biasakan setiap pagi ( sebelum sarapan ) kaki diangkat keatas dan pantat menempel di dinding sambil perut diurut kearah dada sekitar 5 - 10 menit
  • Sebelum sarapan coba masukkan jari ke mulut ( agar seperti mau muntah ) agar kita seperti mau muntah dan ketika kita akan seperti mau muntah, bagian dalam perut kita terutama usus akan tertarik keatas dengan sendirinya ( coba saja ).

Tips diatas khusus hanya untuk menghindari dan mengatasi sejak dini serta baru gejala dan apabila sudah parah, lebih amannya langsung kedokter untuk operasi, Operasi yang dilakukan akan membantu mengembalikan usus ke posisi yang sebenarnya

Semoga bermanfaat dan kita terhindar dari segala penyakit dan diberikan kesehatan dari Allah SWT... amin

Referensi:
  • http://sehat-secara-alami.blogspot.com/2009/03/mengatasi-turun-berok-hernia-sejak-dini.html
  • http://morienth27.blogdetik.com/2012/03/06/pengobatan-turun-berok-herbal/
  • http://www.tipswanita.net/ciri-ciri-kena-turun-berok/
  • http://trik-tips-tutorial.blogspot.com/2010/03/cara-mengatasi-penyakit-hernia.html


Related Post



Facebook