Summary
Definisi Demam Kuning (Yellow Fever)
Demam Kuning: Penyakit sistemik akut yang disebabkan oleh virus yang disebut Flavivirus. Pada kasus-kasus yang parah, infeksi virus menyebabkan demam yang tinggi, perdarahan kedalam kulit, dan necrosis (kematian) dari sel-sel dalam ginjal dan hati. Kerusakan yang dilakukan pada hati dari virus berakibat pada jaundice yang parah yang menguningkan kulit. Makanya, "kuning" dalam "demam kuning."
Demam kuning adalah paling umum di area-area tropis. Virus dari demam kuning ditularkan pada kebanyakan kasus-kasus oleh gigitan nyamuk. Demam kuning mungkin ditularkan dari orang ke orang oleh nyamuk Aedes aegypti. Di hutan, demam kuning ditularkan dari monyet-monyet ke manusia oleh nyamuk-nyamuk yang berkembang biak dalam lubang-lubang pohon di hutan-hutan hujan. 

Diagnosis dari demam kuning dibuat dengan observasi (pengamatan) atau, jika diperlukan, dengan membiakan virus dari contoh darah.  Menurut para ahli tidak ada penyembuhan untuk demam kuning, meskipun obat-obat antivirus mungkin dicoba. Pembebas-pembebas nyeri non-aspirin, istirahat, dan hidrasi kembali dengan cairan-cairan mengurangi ketidaknyamanan. Penyakit biasanya berlalu dalam beberapa minggu. Demam kuning dapat dicegah dengan vaksinasi. Vaksin demam kuning adalah vaksin virus hidup yang dilemahkan.

Apakah ada Tanaman Obat Untuk Demam Kuning ?
Menurut buku Tanaman Obat untuk Penyakit Anak, oleh Prof Hembing Wijayakusuma, disebutkan, demam kuning menyebabkan infeksi yang serius pada organ hati. Masa inkubasinya 3-6 hari, Gejala yang dirasakan penderita antara lain; muntah, sakit kepala, pegal pada sekujur tubuh, demam tinggi, lelah, nyeri pada mata, pendarahan pada gusi, kulit yang menguning dan sebagainya.

Ramuan tradisional untuk mengobatinya :
- 20 gr daun serut ditambah 5-10 gr Kunyit, tambah 5-10 gr temulawak, 25 gr akar alang-alang, 5 gr biji kacapiring direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya diminumkan kepada anak saat hangat-hangat kuku.

Atau ramuan lainya:
- 15 gr daun sendok, ditambah 6gr kulit jeruk mandarin, 6 butir angco, 10 gr Kunyit, 25 gr daun serut, dan 20 gr akar alang-alang direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, Air nya diminum jika sudah hangat-hangat kuku.
Ramuan hasil rebusan dapat diminum saat pagi sesudah makan dan malam hari sebelum tidur. Dan dianjurkan untuk tetap berkonsultasi ke dokter......
Demikian informasinya semoga bermanfaat

Referensi : :
- http://www.totalkesehatananda.com/yellowfever.html
- Tanaman Obat untuk Penyakit Anak, oleh Prof Hembing Wijayakusuma
Foto :
Tengku agil farhan, http://nabilahazlan.blogspot.com/
Enhanced by Zemanta

Related Post



Facebook