Khasiat Kacang Panjang

Paavo Airola ND, Ph.D, ahli kedokteran naturapati yang memperoleh keahlian dari Inggris dan Swedia meyakini jus kacang panjang (Vigna cylindrica) akan merangsang inslet langerhan di sela-sela jaringan pankreas dalam memproduksi insulin. Karena itu minum jus kacang panjang secara teratur, atau dimakan lima kali sehari dalam porsi kecil serta latihan olahraga secara teratur akan mengerem kadar gula dalam darah.


Terapi kacang panjang dipublikasikan oleh Dr. Jhon Heinerman, lewat bukunya Heinerman’s Encyclopedia of Healing Juices. Heinerman, menyebutkan, dalam satu cangkir jus kacang panjang terdapat 41 mg kalsium, 42 mg fosfor, 1,14 mg zat besi, 6 mg sodium, 230 mg potasium, 735 UI vitamin A, 40 mg asam folic, 17,9 mg vitamin C, dan 27 mg magesium.

Dalam bukunya beliau menganjurkan pasiennya meminum satu cangkir jus kacang panjang setiap pagi, siang, sore, dan malamnya. Selain menganjurkan jus kacang panjang Paavo juga meminta pasiennya untuk menambah jus wortel dan tomat. Hasil penelitian selama sepuluh tahun menunjukan jus kacang panjang amat efektif merangsang kerja pankreas, limpa dan liver.
 
Manfaat Kacang Panjang:
    Mengendalikan kadar gula darah.
    Mengatasi hipertensi.
    Membantu memperkecil resiko terkena penyakit Stroke
    Mencegah serangan jantung.
    Meningkatkan fungsi organ pencernaan.
    Mengurangi resiko terserang penyakit kanker.
    Membantu mengatasi sembelit.

Khasiat Kacang Panjang Mengobati :
    Rematik
    Arthritis dan gangguan saluran kemih
    Diare
    gangguan penyakit ginjal
    mengurangi gatal – gatal
    Antikanker
    Kanker Payudara
    Leukimia
    Antibakteri
    antivirus
    Batu ginjal
    Beri-beri
    Demam berdarah
    Kurang darah
    Sakit pinggang
    Pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.


Dan untuk kecantikan, mampu menjaga kulit dari jerawat dan penyembuhan luka bakar. Untuk mengkonsumsi kacang panjang ini, anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam makanan seperti oseng – oseng kacang, sebagai lalapan, dan beberapa campuran masakan bergizi lainnya. Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kacang panjang ini secara teratur setiap hari.
 
Tips Kesehatan – Berikut ini adalah beberapa cara pengolahan kacang panjang untuk mencegah dan mengatasi beberapa penyakit:

Kacang panjang untuk mengatasi pembengkakan :

Gunakan 200 gram kacang panjang, 20 gram bawang putih, gula merah secukupnya dimasak menjadi sup dan dimakan secara teratur.
 
Kacang Panjang untuk peluruh kencing :
Ambil 150 gram seluruh bagian tumbuhan kacang panjang, 30 gram kulit semangka direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc saring airnya dan diminum.
 
Kacang panjang untuk mengatasi sakit pinggang :
200 gram biji kacang panjang, 20 gram jahe merah, dan 25 gram kencur direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring airnya dan diminum.
 
Kacang panjang untuk meningkatkan stamina :
100 gr kacang panjang, 5 buah angco dibuang bijinya, 25 gram kencur direbus dengan air 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring lalu tambahkan madu secukupnya, airnya diminum, angco, dan kacang panjangnya dimakan.
 
Kacang panjang untuk mengobati batu ginjal  :
200 gram kacang panjang, 200 gram asparagus diblender dengan air secukupnya hingga tertampung 200 cc lalu direbus hingga mendidih dan airnya diminum hangat-hangat.
Kacang panjang untuk mengatasi kurang darah (anemia) :

200 gram kacang panjang, 100 gram anggur, hati ayam secukupnya dimasak sesuai selera, dimakan secara teratur.

Kacang panjang untuk menambah nafsu makan :

100 gram kacang panjang, 40 gram temulawak, 3 buah kiam boi/sun boi direbus dengan air secukupnya, saring lalu airnya ditambakan madu secukupnya dan diminum.
Kacang panjang untuk mengatasi sembelit :

200 gram kacang panjang, 100 gram daun ubi jalar dimasak sesuai selera dimakan secara teratur.
Kacang sebagai obat anti-kanker :

Gunakan kacang panjang, buncis, brokoli, wortel masing-masing secukupnya dimasak menjadi tumisan dengan ditambah bumbu-bumbu hingga matang, dimakan secara teratur.
 
Semoga bermanfaat
sumber : http://rumahsehatarasy.com/kacang-panjang

Postingan Populer